CROASTER COFFEE INDONESIA

Produsen Kopi:Agen Kopi:Supplier Kopi:Pusat Kopi:Toko Kopi:Pabrik Kopi:Pengusaha Kopi:Jual Beli Kopi Online:Order Kopi:Pesan Kopi:Beli Kopi:Kedai Kopi:Pecinta Kopi:Biji Kopi:Rumah Kopi:Gudang Kopi:Tempat Kopi:Kopi Enak:Aroma Kopi:Juragan Kopi:Kopi Nusantara

Cara – Cara Pembuatan Minuman Kopi



Cara – Cara Pembuatan Minuman Kopi      
                  


Ada beberapa cara pembuatan dan penyeduhan minuman kopi. sebenarnya inti dari penyeduhan kopi adalah pelarutan kadar kafein yang ada di dalam biji kopi. ada cara tradisional dan cara modern dalam pembuatan minuman kopi.

Yang pertama dengan cara tradisional atau bisa disebut kopi tubruk.  Prinsip dari kopi tubruk ini adalah menuangkan air yang sudah mendidih ke dalam kopi yang sudah di haluskan dan merendam kopi di dalam air yang panas untuk membantu proses ektrak kopi. kemudian di tunggu selama beberapa  detik, hingga menunjukkan ampas dan isi kopi mengendap ke bawah ketika akan meminumnya. 

Ada cara tradisional lainnya selain cara tubruk yaitu kopi bubuk di panaskan dan airnya hingga mendidih cara ini sangat cocok bagi anda ynag ingin mendapatkan warna dan rasa kopi yang sesuai dengan anda inginkan.

Cara yang kedua  yaitu pembuatan kopi dengan alat penyeduhan modern diantaranya. Menggunakan beberapa mesin canggih yang berasal dari luar negeri seperti mesin espresso, moka pot, french press, dan shypon coffee.

Mesin Espresso adalah menggunakan prinsip pompa dengan sistem elektrik untuk memompa air panas dengan melewati kopi yang bertekanan tinggi. Mesin espresso dapat di gunakan melakukan penyeduhan kopi dengan jumlah yang banyak. Ada alat espresso yang lebih sederhana yaitu disebut dengan  moka pot.

Moka pot alat dengan memanfaatkan tekanan yang dihasilkan dari air mendidih, yang nantinya akan menghasilkan kopi yang cukup pekat walaupun hasilnya tidak semaksimal seperti mesin espresso. Jadi pada alat ini di bagian bawahnya terdapat penampung air yang pada bagian tengah menjadi temapt bubuk kopinya. 

Selain itu ada lagi alat seduh kopi yaitu French press yaitu alat penyaring kopi yang sangat mudah di gunakan dan hasilnya cukup bagus sekalii cocok bagi anda yang ingin melakukan penyeduhan kopi yang mudah. Carnya adalah menubrukkan kopi dengan bersamaan air panas dalam suhu 90 – 95 derajat celcius.

Cara ini hampir sama dengan proses penyuduhan kopi dengan kopi tubruk namu tidak memilik ampas karena ampasnya sudah tersaring oleh saringannya alat french press. Ada juga alat yang namanya Shypon Coffee Maker. Dengan memanfaatkan tekanan dari uap air yang akan masuk ke dalam pipa yang bertugas mengalirkan air panas menuju kontainer kopi.

Dengan perbedaan cara – cara penyeduhan kopi maker ini akan ngefek sekali terhadap kelarutan kafein dan senyawa lainnya yang terdapat pada biji kopi yang dapat di larutkan di dalam air panas. Senyawa selain kafein juga di perkiraan dapat mempengaruhi minuman kopi seperti contohnya. Tanin, flavonoid, dan gololngan polifenol yang larut akan memepengaruhi sifat antioksidan hasil penyeduhan minuman kopi.

Dengan latar belakang tersebut di harapkan para pecinta dan penikmat kopi dapat mengetahui bagaimana proses dan cara penyeduhan kopi yangh baik dan benar terhadap kadar kafein sehingga dapat di hasilkan ektrak minuman kopi yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan lidah mereka.

0 komentar:

Posting Komentar