CROASTER COFFEE INDONESIA

Produsen Kopi:Agen Kopi:Supplier Kopi:Pusat Kopi:Toko Kopi:Pabrik Kopi:Pengusaha Kopi:Jual Beli Kopi Online:Order Kopi:Pesan Kopi:Beli Kopi:Kedai Kopi:Pecinta Kopi:Biji Kopi:Rumah Kopi:Gudang Kopi:Tempat Kopi:Kopi Enak:Aroma Kopi:Juragan Kopi:Kopi Nusantara

Kopi Indonesia Mendapat Tempat Di Hati Pecinta Kopi Ibu Kota Amerika Serikat






Kopi single origin asal Indonesia di kenal citarasanya yang enak, sudah mendapat tempat di hati banyak pecinta kopi di dunia, salah satunya di kota Washington DC, Amerika Serikat dan Hongkong. Fakta kopi indonesia sanga cocok di seluruh pecinta kopi dunia adalah, dibuktikan oleh sebuah perusahaan kopi, yang bernama Nagadi Coffee yang di dirikan oleh barista dan usahawan muda berbakat dan terkenal di Amerika Serikat, yang bernama Felix Tanzil. 

Produk kopi specialty asal negara Republik Indonesia, yang termasuk dalam kategori kopi terbaik dunia. Dengan latar belakang tersebut maka Atase Perdagangan dan Kepala Bidang Fungsi Penerangan Republik Indonesia telah mengunjungi perusahaan Nagadi Coffee, yang berlokasi di Silver Spring. Perusahaan tersebut didirikan oleh pengusaha bernama Felix Tansil, sejak tahun 2011

Pada awal pendiriannya, perusahaan Nagadi Coffee difasilitasi badan Atase Perdagangan yang berupaya membantu mendapatkan sumber biji kopi terbaik dan berkualitas asal   Indonesia. Yang bersangkutan melakukan pembelian dari importir kopi Indonesia di kota California banyak melakukan pembelian secara langsung dari para petani biji komoditas kopi spesialty  di negara Indonesia.

Menurut Felix Tansil, hal ini adalah prasarat  utama untuk mendapatkan kualitas citarasa asli terbaik kopi specialty dan menjamin pasokan kopi secara terus menerus serta menjalin hubungin kemitraan dengan para petani kopi indonesia, yang saling menguntungkan antara pembeli kopi dan petani.

Felix mendapat pasokan sejumlah kopi dalam jumlah yang besar dari petani kopi di Desa Badak Gede, daerah Takengon dekat Danau Laut Tawar, Provinsi Aceh. Menurutnya konsumen kopi di Amerika Serikat dengan citarasa sangat khas, dimana banyak beberapa para pencinta biji kopi saling berusaha berlomba dengan cita rasa asli murni biji kopi yang lebih baik dan cocok dengan selera mereka dan pada saat yang sama ingin mengetahui “cerita” di belakang biji kopi tersebut.

Para penikmat biji kop arabika dan robusta saat ini selalu ingi mencari dan mengetahui single origin kopi yang di minum, siapa yang memiliki kebun kopi tersebut, bagaimana suasana sosial atau lingkungan dan  taraf ekonomi  di daerah bahkan jika dapat di lakukan diketahui dan di cari nama  petani  yang melakukan pemetikan kopi tersebut. Dengan kata lain, terjadi “relationship atau ikatan batin antar konsumen dengan produsen,” ujar pengusaha bernama Felix Tansil, ahli barista kopi dan pemilik perusahaan besar Nagadi Coffee.

Tim badan Atase Perdagangan dan Penerangan KBRI melakukan apresiasi kopi melalui coffee tasting dan berdiskusi mengenai perkembangan bisnis diaspora di negeri paman SAM (Amerika Serikat). Badan Atase Perdagangan dan bagian Penerangan Republik Indonesia bertugas bertanggung jawab mempromosikan produk kopi specailty Indonesia yang nantinya akan dapat membantu memberikan support dan mendorong langkah ekspor kopi Republik Indonesia ke negara Amerika Serikat.

Oleh karena itu, dilakukan sesi uji cita rasa kopi spesialty Indonesia  sangat penting. Jika roaster dan farmer kopi tidak paham dan bagaimana cara menghargai produk kopi tersebut, makan indonesia akan kesulitan melakukan promosi yang efektif di pasar global.

Nagadi  Coffee adalah  bentuk perusahaan dari badan Diaspora  yang  tergolong dalam  gerakan bisnis incubator project yang sengaja di upayakan dikembangkan oleh KBRI. Pihak KBRI melalui Kantor Atdag terus mendorong perusahaan kopi ini untuk terus berusaha mengembangkan usahanya di bidang biji kopi arabika ban robusta. dengan cara mendorong dan memfasilitasi perusahaan tersebut dalam beberapa event pameran dan iklan.

“Gerakan dalam bentuk Incubator Project ini bertujuan untuk mendorong dan memompa semangat kewirausahaan dan enterpreneur Diaspora sekaligus mengiklankan produk kopi yang di ekspor. kopi unggulan negara Indonesia seperti specialty coffee. Selain biji kopi, ada beberapa produk dari makanan dan minuman khas bersala dari Indonesia serta beberapa bentuk koperasi juga menjadi bentuk alternatif bisnis inkubator di Atdag.

Pihak indonesia melakukan kunjungan ke perusahaan kopi di wasingtong DC (Amerika Serikat). Bentuk Kunjungan ini juga bertujuan untuk langkah Indonesia mengikuti dan menjadi peserta di acara pameran internasional kopi spesial terbesar di Amerika Utara yang ke-26 Specialty Coffee Association of America (SCAA) Events”yang rencana akan diselenggarakan di salah satu kota bernama Seattle pada tanggal 24-27 April 2014.

Indonesia termasuk sebagai salah satu penghasil kopi arabika dan robusta terbesar di dunia dan mempunyai jenis specialty cofffe dengan kualitas grade special yang berkualitas tinggi, namun kopi indonesia belum dikenal dan diapresiasi dengan baik oleh pecinta dan penikmat kopi di dunia.

Kopi indonesia akan kembali hadir kembali di acara pameran kopi tersebut dalam rangka menjaga citra, sekaligus menunjukkan konsistensi kopi Indonesia di pasar kopi Amerika Serikat. Negara Amerika adalah salah satu trend-setter industri kopi terbesar di dunia, sehingga Indonesia  akan berusaha selalu aktif dalam upaya menjaga dan merebut  pangsa  pasar  kopi  spesial  Indonesia.  

Saat  ini ekspor kopi Indonesia ke negara Amerika Serikat. sebesar  hampir $400 juta (2012), namun seiring berjalannya waktu ekspor kopi ke negara tersebut sedikit mengalami kemerosotan jumlah biji kopi ekspor, dan kemerosotoan terbesar terjadi di tahun 2013.

“Oleh sebab itu upaya mendorong ekspor harus dilakukan lebih terarah, khusunya specialty coffee yang nilainya lebih tinggi dari pada kopi pada umunya yanbg ada di pasaran. Maka dari itu, berdirinya perusahaan yang bernama Nagadi Coffee di wilayah ibu kota Amerika Serikat (Washington DC) dan promosi terus-menerus oleh Indonesia melalui SCAA akan mendorong peningkan nilai ekspor Indonesia ke negeri paman SAM Amerika Serikat.” ujar Made Marthini.

Pnejelasan Specialty Coffee adalah salah satu jenis kopi yang memiliki ciri khas cita rasa yang berkualitas tinggi, karena berasal dari kopi Arabica pilihan yang bisanya tumbuh yang ada di ketinggian tanah suatu daerah tertentu. Pemetikan biji kopi specialty dilakukan dengan perlakuan khusus, yaitu dengan metode pemetikan menggunakan tangan dan biji kopi dipilih dengan teliti untuk menemukan butiran (cherry) berwara merah maroon.

Cita rasa kopi special  tergantung dari jenis varietas dan ketinggian tanah suatu daerah serta jenis tumbuh tumbuhan alami yang berada di sekitar kebun kopi tempat kopi itu tumbuh dan di tanam.
Tidak salah jika seringkali cita rasa dan aroma asli kopi nusantara bermacam-macam, misalnya memiliki aroma coklat, caramel, alpukat, rempah-rempah, jeruk, bunga dan sebagainya. Jenis kopi ini banyak ditemui di sekitar pegunungan negara kepulauan indoensia, karena tanah vulkanik sangat cocok untuk kopi spesialty.

Itulah mengapa Indonesia dikenal memiliki jenis dan ragam kopi spesial yang kaya, mulai dari pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tengaara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua.















0 komentar:

Posting Komentar