CROASTER COFFEE INDONESIA

Produsen Kopi:Agen Kopi:Supplier Kopi:Pusat Kopi:Toko Kopi:Pabrik Kopi:Pengusaha Kopi:Jual Beli Kopi Online:Order Kopi:Pesan Kopi:Beli Kopi:Kedai Kopi:Pecinta Kopi:Biji Kopi:Rumah Kopi:Gudang Kopi:Tempat Kopi:Kopi Enak:Aroma Kopi:Juragan Kopi:Kopi Nusantara

Cara – Cara Pengolahan Kopi



Cara – Cara Pengolahan Kopi

                Membahas tentang cara – cara pengolahan kopi ada 2 cara tentang pengolahan kopi. pengolahan basah dan semi basah. Tahapan pengolahan kopi dengan cara basah adalah dengan urutan pemilihan saat panen – pengupasan pada kulit kopi yang sudah di paneh – sortasi pada biji yang kering – di keringkan – pencucian – fermentasi – pengupasan – kulit buah menjadi merah – kemudian sortasi buah – pengemasan dan penyimpangan.
                Sedangkan tahap pengolahan kopi dengan cara semi basah adalah dengan urutan sebagai berikut : buah pilih panen – sortasi buah – pengupasan kulit pada buah merah – fermentasi + pencucian kopi dari lendir – penjemuran sekitar 2 harian – pengupasan kulit cangkang pada kopi – penjemuran pada biji sehingga kandungan air mencapai 11 – 13% - sortasi – penyimpanan dalam gudang kopi.
                Pada umumnya perkebunan kopi di indonesia terdiri dari area yang sangat kecil. Pada saat panen biasanya jumlahnya sangat kecil mencapai 50 – 200 kg. Di sarankan untuk pembudidayaan kopi di lakukan secara berkelompok untuk memenuhi kebutuhan kopi di pasar.
Untuk tahap pengolahan kopi di sarankan menggunakan cara semi basah. Karena dengan pengolahan semi basah akan lebih menghemat air dari pada pengolahan basah sempurna atau penuh.
Seperti kita sudah membaca keterangan di atas bahwa ada proses sortasi kopi. apa itu sortasi kopi ?. sortasi adalah metode pemilihan biji kopi dengan bentuk sempurna yang di pisahkan dari biji kopi cacat. Sortasi juga bermanfaat untuk menentukan mana biji kopi yang layak di teruskan produksinya atau tidak.
Sortasi juga dapat memisahkan ranting, daun atau batu kerikil yang tercampur dari biji kopi. karena jika kerikil bercampur dengan kopi. itu akan menyebabkan kerusakan pada mesin pengupas kopi.
Pada saat ini sudah banyak terdapat mesin  sortasi yang canggih sehingga para petani tidak kesulitan lagi untuk melakukan proses sortasi. Selain itu proses sortasi juga akan lebih akurat dalam pemilihan biji kopi yang berkualitas dan lebih efisien waktu. Indonesia sudah mampu membuat mesin sortasi sendiri dengan kualitas yang baik.

 

0 komentar:

Posting Komentar